Wednesday, October 31, 2007

Pesta Blogger 2007: Kerja Belum Selesai


Pesta Blogger 2007 yang sudah kita lewati kemarin, masih sebatas sebuah seremoni biasa. Sehingga kesannya, hanyalah sebuah pesta yang belum menyentuh pada substansi masalah soal komunitas kita.

Memang, di satu sisi kita mendapat legitimasi dari negara dengan menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai HARI BLOGGER NASIONAL. Tapi pertanyaan kemudian adalah, apa yang mesti kita lakukan setelah mendapat pengakuan itu...???

Seharusnya, kemarin panitia mengagendakan sebuah pertemuan kecil atau membentuk semacam team work untuk membicarakan soal agenda ke depan pasca pesta blogger 2007 itu. Hasilnya, bisa tertuang sebagai rekomendasi, baik untuk komunitas kita maupun untuk kemajuan negeri ini.

Memang, kita tidak hendak membuat komunitas kita laiknya asosiasi pekerja media seperti AJI, PWI atau IJTI. Tapi, paling tidak, kerja-kerja team work itu, hendak menemukan sebuah pemaksanaan baru soal sebuah perspektif baru, termasuk menemukan pemahaman (yang paling tidak sama) soal SUARA BARU INDONESIA itu.

Diakui atau tidak, dengan pengakuan negara atas eksistensi Blogger Indonesia, itu berarti kita tertantang untuk berbuat yang lebih baik lagi dan lebih bermakna bagi bangsa ini. Kita juga bisa hadir sebagai sebuah komunitas yang akan merusak citra bangsa kita sendiri. Di sini, kita bisa memilih posisi dan peran kita. Mau berada di manakah kita...???

Oleh karena itu, mungkin pada pertemuan di waktu lain, soal-soal seperti ini perlu kita bicarakan lebih serius. Atau mungkin ada pertemuan terbatas bersama Enda, Mas Wimar, dan lain-lainnya termasuk saya dan juga Mbak Maylaffayza (paling gak sekitar 15 sampai 25 orang) untuk merumuskan masalah itu. Jika tidak, maka dari tahun ke tahun boleh jadi kita hanya datang untuk berpesta dan tidak mengasilkan sesuatu yang berarti. Entah saya keliru atau tidak, tapi begitulah pikiranku soal Pesta Blogger 2007 kemarin.

Mungkin saja, kemarin kita semua berada dalam sebua euforia sebuah pesta, sehingga kita cenderung melupakan beberapa hal penting yang mesti kita kerjakan bersama. Kita, para Blogger Indonesia, harus menasbihkan diri dan juga diakui oleh publik dan negara, bahwa kita juga sebagai salah satu pilar demokrasi di Indonesia.

Walau begitu, salut buat kawan-kawan penggagas pesta blogger 2007, terima kasih banyak telah menggelar acara ini sampai kami bisa datang dan berbagi bersama. Terima kasih buat Enda Nasution, Bang Wimar Witoelar, Anda sangat berkesan dan saya tidak akan melupakan Anda sampai kapan pun (semoga sehat selalu, panjang umur dan mudah rezeki).

So... Thanks God, karena Tuhan jualah yang mengizinkan pertemuan kita semua. Viva Blogger Indonesia

No comments: