Friday, August 29, 2014

Gerhana Matahari Total, Seluruh Kamar Hotel di Palu Penuh

Gerhana matahari total diperkirakan terjadi  pada April  2016 mendatang. Wilayah Indonesia yang berpotensi melihat fenomena gerhana Matahari total tahun 2016 itu adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah. Selain Indonesia, area yang bisa melihat gerhana Matahari total adalah pasifik.

Dalam kajian astronomi,  wilayah JawaJawa mengalami gerhana sebagian dengan persentase penutupan cakram matahari saat puncak gerhana antara 80 hingga 90 persen . Dengan demikian, saat puncak gerhana nanti, warga Jawa akan melihat Matahari seperti bulan sabit tipis.

Sejumlah wisatawan dilaporkan akan menyerbu Kota Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah. Kehadiran mereka untuk menyaksikan gerhana matahari total itu. Para wisatawan mancanegara itu telah memesan kamar hotel maupun home stay di Palu.

“Para wisatawan telah memesan kamar hotel dan home stay pada Maret-April 2016. Mereka datang untuk menyaksikan gerhana matahari total,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palu, Rosdiana Lalusu, Senin (25/8) siang.  

Penuhnya kamar hotel di bulan Mare-April 2016 itu, kata Rosdiana Lalusu,  terungkap dalam rapat koordinasi antara instansi terkait dengan pihak hotel di Kota Palu yang dilaksanakan 20 Agustus lalu.

Rapat koordinasi itu dilaksanakan, kata dia, karena Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah menerima pemberitahuan dari lembaga terkait, akan terjadi  terjadinya gerhana matahari total yang diperkirakan 9 April 2016 pukul 13.58:19 dengan durasi waktu 04 menit dan 09 detik.

Gerhana tersebut diperkirakan terjadi di sejumlah kota penting lainnya di Asia Timur, Australia dan Pasifik, namun Rosdiana Lalusu,  untuk Indonesia kejadian itu paling strategis terjadi di sekitar wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

“Anjungan Pantai Talise menjadi tempat paling strategis  untuk menyaksikan gerhana matahari total itu,” katanya.

Pihak Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Palu, kata dia, juga telah menyiapkan sejumlah acara penting untuk menyambut kehadiran para wisatawan yang khusus datang menyaksikan gerhana matahari total itu.

“Kami telah menyiapkan acara seni tradisi, musik tradisional dan kunjungan ke tempat-tempat wisata di sekitar Kota Palu dan sekitarnya,” kata Rosdiana Lalusu. ***

No comments: