Tuesday, January 13, 2009

Delapan Calon Penjabat Bupati Sigi

Gubernur Sulawesi Tengah, Banjela Paliudju akhirnya menekan pengusulan delapan nama calon Penjabat Bupati Sigi, Sulawesi Tengah ke Menteri Dalam Negeri.Usulan nama-nama itu untuk menjawab aspirasi masyarakat setempat.

Nama-nama yang diusulkan itu adalah, Asisten I Baharuddin H Tanrewali, Asisten II M. Nadjib Godal, Asisten III Dery Djanggola, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Sulawesi Tengah Anwar Ponulele, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tengah, David Halim.

Menurut Paliudju, nama-nama tersebut sudah dibawa oleh Asisten I Baharuddin H. Tanrewali ke Mendgari pada Rabu (13/1) pagi. “Jadi kita tunggu saja keputusan Menteri Dalam Negeri. Siapa pun yang ditetapkan, itulah yang akan menjadi Penjabat Bupati Sigi,” kata Gubernur Paliudju.

Sebelumnya, Gubernur Paliudju telah mengusulkan tiga nama ke Mendagri. Mereka adalah Hidayat (Kepala Badan Kepegawaian Sulteng), Hendro Setiawan (Kepala Biro Administrasi dan Penjaringan Sekretariat Provinsi Sulteng) dan Herry Palar (Kepala Biro Keuangan Sekretariat Provinsi Sulteng).

Namun warga Kabupaten Sigi menyatakan menolak usulan tiga nama tersebut, karena dianggap terlalu dipaksakan dan diarahkan untuk satu orang saja, yaitu Hidayat. Lantaran itu, sejumlah warga Sigi menyampaikan keberatannya kepada Mendagri. Akhirnya penetapan Penjabat Bupati Sigi itu terkatung-katung hingga kini.

Bahkan, alasan penolakan warga Sigi terhadap ketiga nama tersebut, karena mereka ditengarai sebagai orang-orang dekat Gubernur Paliudju. Tapi Gubernur Paliudju membantah soal kedekatan itu. “Semua pejabat, secara struktural dekat dengan saya, karena saya ini atasan mereka,” bantah Gubernur Paliudju.

Walau mengakomodir aspirasi warga Sigi itu, Gubernur Paliudju tetap memberikan catatan dalam pengusulan nama-nama tersebut, bahwa tiga nama sebelumnya telah melewati proses pembahasan di tingkat Provinsi Sulteng, sedangkan lima nama yang baru diusulkan itu hanyalah untuk mengakomodir keinginan warga Sigi.

Kabupaten Sigi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. Ibukotanya adalah Sigi Biromaru. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2008, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Donggala. Kabupaten ini telah resmi diundangkan pada 21 Juli 2008 silam.

No comments: