Friday, January 20, 2006

Pelaku Teror Gereja Toraja Ditangkap

Ruslan Sangadji

Polisi akhirnya menangkap pelaku teror bom di Gereja Toraja, Jalan Beo Tolitoli, Sulawesi Tengah. Pelaku yang bernama lengkap Ligri Ludia Dandan (20 tahun) itu ditangkap pada Kamis (19/1) sekitar pukul 21.00 waktu setempat.

Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah, Ajun Komisaris Besar Polisi Rais D. Adam menjelaskan, setelah polisi menyelidiki teror melalui telepon itu, akhirnya ditemukan bukti melalui print out di Telkom.

"Tak berapa lama kemudian, polisi kemudian menjemput pelaku di rumahnya Jalan Anoa Nomor 3 Tolitoli," kata Rais Adam.

Saat ini, Ligri Ludia Dandan sedang ditahan di Mapolres Tolitoli untuk dimintai keterangannya mengenai motif di balik aksi terornya itu.***

Menurut Rais Adam, sebelumnya selama dua hari berturut-turut, yakni tanggal 17 dan 18 Januari, yang bersangkutan menelepon ke Gereja Toraja bahwa gereja itu akan telah dipasangi bom dan siap meledak. Otomatis, jemaat pun panik dan meninggalkan gereja.

Setelah diselidiki, ternyata pelakunya bernama Ligri Ludia Dandan yang juga bergama Kristen Protestan dan asal Toraja juga. "Oleh karena itu, saat ini polisi sedang memeriksanya, apa motif di balik teror tersebut," kata Rais D. Adam.

Sementara itu, di beberapa tempat keramaian di Palu seperti di Pusat Pertokoan Jalan Hasanuddin Palu akan dipasangi CCTV untuk menjaga kemungkinan adanya aksi-aksi terorisme. Alata tersebut nantinya akan bisa mereka pelaku yang kemungkinan mau melakukan aksi terornya.

No comments: