Tuesday, March 11, 2008

DPP PDIP Tetapkan Pasangan Longki-Ijal di Pilkada Parmout

DPP PDI Perjuangan akhirnya menetapkan pasangan Longki Djanggola dan Samsurijal Tombolotutu sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati Parigi Moutong, untuk bertarung pada Pilkada 19 Agustus 2008 mendatang. Penetapan itu dilakukan pada rapat pleno DPP PDIP, pada Selasa (11/3) siang di Jakarta.

"Alhamdulillah, dalam rapat pleno DPP PDIP di Jakarta, telah menetapkan pasangan Longki Djanggola dan Samsurijal Tombolotutu," kata Hamka Haq, salah seorang pengurus DPP PDIP.

Dengan demikian, pasangan Longki Djanggola dan Samsurijal TOmbolotutu telah diusung oleh lima partai, yaitu Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB) dan PDI Perjuangan. Sedangkan pesaingnya, Asmir Ntosa yang juga Wakil Bupati Parigi Moutong sekarang, kemungkinan akan diusung oleh tiga partai, yaitu Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Bintang Reformasi. Hanya saja, belum ada kepastian pencalonan tiga partai tersebut.

Hamka Haq mengatakan, penetapan pasangn Longki-Ijal itu, sudah melewati mekanisme yang disepakati partai, dimulai dari melihat aspirasi konstituen di tingkat bawah, kemudian dibawa ke musyawarah di tingkat DPC, selanjutnya dibawa ke DPP di Jakarta untuk ditetapkan. "Itu artinya, penetapan pasangan Longki-Ijal itu sudah berdasarkan pertimbangan yang matang," kata Hamka Haq melalui telepon genggam dari Jakarta, Selasa sore.

Selanjutnya, Hamka Haq berharap agar pasangan ini dapat bekerja maksimal untuk mememangkan pertarungan pada Pilkada 19 Agustus mendatang. "Selamat berjuang, semoga berhasil," begitu pesan singkat Hamka Haq.

Longki Djanggola yang dikonfirmasi membenarkan penetapan tersebut. Ia hanya menyatakan berterima kasih kepada DPP PDIP dan seluruh kader PDIP di Parigi Moutong dan di Sulawesi Tengah, yang telah memberikan kepercayaan itu. Oleh karena itu, ia berjanji akan berjuang maksimal untuk menang dalam Pilkada Parigi Moutong nanti.

"Insya Allah kami tidak akan menyia-nyiakan amanah ini. Kami akan berusaha maksimal untuk bisa menang pada Pilkada nanti," janji Longki Djanggola.

Longki Djanggola adalah Bupati Parigi Moutong sekarang. Sebelum menjadi bupati, yang bersangkutan adalah Kepala Biro Infokom Setprov Sulteng, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah (BPMD) Sulteng dan Kepala Perwakilan Pemprov Sulteng di Jakarta. Sedangkan Samsurijal Tombolotutu adalah perwira TNI berpangkat Letnan Kolonel Infanteri yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Seskoad TNI di Bandung, dan Koordinator Sekpri Panglima TNI di Mabes Polri.

Setelah meniti karir selama 35 tahun di negeri orang, Samsurijal Tombolotutu yang juga mantan Komandan Kodim Pare-Pare itu kembali ke tanah kelahirannya untuk bersama-sama Longki Djanggola membangun Parigi Moutong. "Saya bertekad akan membangun Parigi Moutong. Tapi saya memang hanya bersedia maju bersama Longki," tandas perwira kelahiran Tinonmbo ini. ***

No comments: