Friday, January 18, 2008

Mall Tatura Palu Dibongkar Pencuri

Mall Tatura Palu, sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Kota Palu,Sulawesi Tengah, Jumat (18/1) dini hari dibongkar maling. Barang dagangan seperti hand phone di sejumlah outlet di mall ini digasak maling.

Pemilik dan karyawan outlet baru mengetahui kalau mall itu dibongkar, setelah pagi hari mereka datang untuk membuka dagangan mereka. Mereka sangat terkejut, karena outlet yang terletak di lantai tiga dan empat itu berantakan. Meja-meja kasir juga terbuka. Diduga, laci kasir itu dibuka paksa oleh pencuri. Belum diketahui jumlah kerugian akibat pencurian itu.

Aparat Polres Palu yang dipimpin Kapolres Palu AKBP Sunarto yang tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) beberapa saat setelah dihubungi, langsung melakukan penyidikan. Polisi memasang police line di sejumlah titik untuk menghalangi pengunjung mall mendekati TKP.

Polisi juga segera melakukan identifikasi. Sejumlah tempat yang dibongkar diperiksa satu per satu untuk mendapatkan jejak pelaku pencurian. Polisi juga mengumpulkan data barang-barang yang dicuri. Di lantai IV, polisi menemukan jejak kaki di dinding menuju bagian atap mall.

Diduga pelaku pencurian melarikan diri melalui atap mall dengan memanjat dinding di lantai IV ini. Sebelumnya, diduga pencuri bersembunyi saat mall akan ditutup Kamis (17/1) malam. Pencurian dilakukan jumat dini hari setelah mall sepi.

Hingga Jumat sore, polisi belum menemukan pelaku pencurian. Namun,untuk memudahkan penyidikan, sejumlah petugas keamanan mall yang bertugas Kamis malam hingga Jumat pagi, dibawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan. Mereka dimintai keterangan seputar aktivitas mereka saat bertugas malam harinya.

Karman Karim, direktur Mall Tatura Palu, yang dikonfirmasi mengatakan, peristiwa ini yang pertama kalinya terjadi di pusat perbelanjaan itu. Menurutnya, pencuri itu tidak akan bisa masuk, karena pengamanan dilakukan dengan sangat ketat. Pengamanan tidak hanya dilakukan di bagian depan mall, tapi juga di belakang dan di samping kiri kanan.

"Kemungkinan saja pencuri itu sudah bersembunyi sebelumnya, dengan pura-pura menjadi pengunjung. Pada saat mall sudah tutup itulah, mereka kemudian beraksi dan keluar saat petugas keamanan lalai," kata Karman Karim.

Tapi, Karman Karim mengatakan bahwa itu hanya dugaannya saja. Selanjutnya pihak manajemen mall menyerahkan sepenuhnya kepada polisi untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan.

No comments: