Monday, September 29, 2008

Logis Memimpin

PARIGI – Hari pertama perhitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Parigi Moutong, belum menunjukkan adanya salah satu calon yang bisa mengklaim kemenangan. Pergerakan suara masih saling kejar antara pasangan Longki Djanggola– Syamsurizal Tombololutu yang populer disingkat (Logis) dan pasangan Asmir Ntosa – Taswin Borman yang biasa disapa (Asta). Sementara pasangan Rustham Dg Rahmatu – Thamrin Ntosa (Rustham) perolehan suaranya tidak terlalu mengesankan.

Informasi yang dikumpulkan di lapangan menyebutkan, dua calon bupati menang di tempat mereka melakukan pencoblosan. Logis, misalnya unggul jauh di Tempat Pengumutan Suara (TPS) IV Bantaya. Di TPS itu calon bupati Longki Djanggola mencoblos. Logis meraup suara 232 suara, Asta 171 suara dan Rustham 48 suara. 7 suara dinyatakan tidak sah.

Di TPS II Kampal, colon bupati Asmir Ntosa unggul mutlak. Asmir meraup 357 sementara Logis hanya meraih 162 suara dan Rustham hanya mampu mendulang 38 suara. Yang mengejutkan di TPS III Loji, basis suara Rustham, yang unggul justru Logis, meraih 287 suara sementara Rustham hanya mendapatkan 33 suara dan Asta memperoleh 130 suara.

Hal yang sama terjadi di TPS II Bambalemo. Wilayah itu diklaim sebagai basis pendukung calon Wakil Bupati Thamrin Ntosa hanya meraup 62 suara. Unggul di TPS itu Asta meraih suara 290 sementara Logis memperoleh 62 suara.

Data dari masing-masing tim sukses menunjukkan pergerakan suara yang rada mirip. Di Logis Center sampai pada pukul 19.30 Wita, data menunjukkan Logis sudah meraih 71.419 suara atau 48 persen, Asta berada di urutan kedua meraih 52.649 suara atau 36 persen dan Rustham memperoleh 23.033 suara atau 16 persen.

Dari Asta Center diperoleh data prosentasenya saja tanpa menyebut perolehan jumlah suara. Asta Center menyebutkan, sampai pukul 18.00 Wita Logis memperoleh 44 persen, Asta 39 persen dan Rustam 17 persen suara.

Data Desk Pilkada Kabubupten Parigi Moutong, menyebutkan sampai pukul 18.30 Wita jumlah suara yang sudah masuk sebanyak 83.000. Logis meraih 44 persen dari suara tersebut, Asta 39 persen dan Rustham 17 persen suara.

Ketua KPUD Parigi Moutong, Sukirman Andi Rappe belum berani membeberkan suara yang sudah dihitung. Soalnya kata dia, jumlah suara yang sudah masuk di KPUD masih sangat sedikit. “Tidak layak untuk dipublikasikan,” ujarnya.

Ia malah meminta mencari data suara yang sudah dihitung tersebut di tempat lain. “Anda lebih baik cari di Polres, atau di tim sukses calon bupati,” kata Sukirman.
Sukirman mengaku bersyukur karena rakyat Parigi Moutong terlihat antusias mendatangi TPS-TPS. “Dugaan sikap apatisme seperti yang diperkirakan sebelumnya tidak terbukti. Semua berjalan normal dan warga bergembira,” katanya.

Pejabat Bupati Parigi Moutong, Anwar Ponulele menyatakan hal yang sama. Dalam peninjauannya dalam Kota Parigi semua warga terlihat senang menuju TPS. “Tidak ada kendala warga terlibat aktif, mereka senang, semoga di hari-hari mendatang warga tetap gembira,” pungkas Anwar.

No comments: