Saturday, June 21, 2008

Thuram Masuk Islam Saat Usia 16 Tahun

KESEBELASAN sepakbola di Eropa mulai berlaga di lapangan untuk memperebutkan Piala Eropa dalam ajang Euro 2008 yang dimulai Sabtu (7/6). Yang menarik dalam kompetisi ini adalah pemain-pemain Muslim yang ikut memperkuat tim-tim sepakbola Eropa yang dipekirakan akan menjadi bintang-bintang lapangan.

Tim Perancis yang juga disebut tim Les Bleus akan menurunkan sembilan pemain Muslim dalam timnya, antara lain Franck Ribery-pemain Bayern Munich. Ribery yang masih berusia 25 itu, dikenal sebagai pemain yang selalu terlihat memanjatkan doa sebelum pertandingan dimulai.

"Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan sepakbola. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya haris menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan dan saya menemukan Islam," kata Ribery seperti yang diberitakan eramuslim.com.

Pemain sepakbola bermata biru yang memperkuat tim Prancis itu memulai karir sepakbolanya dengan bergabung dengan tim Boulogne di tanah kelahirannya, kemudian ia pindah ke tim Alès, Brest and FC Metz. Kepindahannya ke Olympique Marseille membawanya ke posisi pertama bintang sepakbola Perancis paling populer pada bulan Agustus, Oktober dan November 2005. Ribery terpilih untuk memperkuat tim Perancis pada Piala Dunia FIFA tahun 2006 yang digelar di Jerman.

Pada tahun 2006 itulah, jati diri Ribery yang telah menjadi muallaf dan memeluk agama Islam terkuak dan menjadi pemberitaan di tengah pertandingan pembukaan antara tim Perancis melawan tim Swiss Piala Dunia 2006.

Muslim lainnya yang namanya populer sebagai bintang lapangan hijau tim Perancis adalah Eric Abidal. Eric yang masuk Islam lima tahun yang lalu dan memakai nama Islam "Bilal" ini mengatakan, agama Islam yang dipeluknya telah mendorongnya untuk bekerja keras memperkuat timnya.

"Saya memeluk Islam dengan keyakinan penuh," kata Abidal, 29, pada majalah Match yang terbit di Paris. Abidal menikah dengan seorang perempuan asal Aljazair dan kini dikaruniai dua orang anak.

Thierey Henry, adalah bintang lapangan hijau lainnya yang akan berlaga di Euro 2008, memperkuat tim Perancis. Henry yang pernah dua kali dinominasikan sebagai pemain terbaik versi FIFA ini kerap mendorong agar setiap orang membaca al-Quran dan membaca lebih banyak lagi tentang agama Islam agar lebih mengenal agama itu.

Pemain Muslim yang menjadi bintang tim sepakbola Perancis adalah Lilian Thuram yang menjadi muallaf pada tahun 1991 ketika masih berusia 16 tahun. Selain Thuram, ada pemain tengah Lassana Diarra (Portsmouth), penyerang Karim Benzema (Lyon), pemain tengah Samir Nasri (Marseille) dan Hatem Ben Arfa (Lyon).

Perancis menggelar pertandingan pertama, berhadapan dengan Romania pada Senin (9/6) tadi malam dalam ajang Euro 2008 yang melibatkan 16 tim sepakbola Eropa. Pemenang Euro 2008 akan mewakili Eropa pada Piala Konfederasi FIFA 2009 yang akan digelar di Afrika Selatan. ***

No comments: