Saturday, June 21, 2008

Menengok Pesepakbola Dunia yang Muslim

BANYAK pemain sepak bola yang ternyata beragama Islam. Mereka kini memperkuat klub sepakbola Barcelona-klub sepakbola terkaya dan tersukses di Spanyol dan Eropa.

Salah satu bintang sepak bola berbakat dan paling gress adalah, Yaya Toure asal Perancis. Dalam Eurosport 2005, Toure dinobatkan sebagai pemain sepak bola muda yang paling menjanjikan di dunia. Ia pindah dari tim Monaco Perancis ke Barcelona dengan bayaran sebesar 10 juta euro.

Kehebatan Toure menggocek bola, serta kelihaiannya mengoper bola dalam jarak dekat maupun jauh, membuatnya dijuluki pemain "box-to-box." Sejak pertama bergabung dengan Klub Barcelona, Toure tidak menyembunyikan agama yang dianutnya. Ia menyatakan tidak ada kontradiksi antara menjadi pemain sepakbola yang sukses dengan menjadi seorang Muslim yang taat.

Bintang sepakbola Muslim kedua yang memperkuat klub Barcelona adalah Eric Abidal. Abidal yang dulu memperkuat tim Lyon, Perancis menandatangani kontrak sebesar 15 juta euro dengan klub Barcelona, untuk empat tahun. Tentang kemuslimannya, Abidal mengatakan, ke-Islam-annya menjadi penyemangat untuk memperkuat timnya.

Bintang lapangan hijau Muslim yang ketiga adalah Thierry Henry. Kabarnya, Henry juga adalah pemain Barcelona. Ia dibayar 16, 1 juta poundsterling. Henry kerap menghimbau agar orang lebih banyak membaca tentang Islam dan membaca Al-Quran untuk mengenal lebih jauh tentang Islam.

Henry yang juga dikenal sebagai tukang sulap, pernah dua kali dinominasikan sebagai Pemain Terbaik oleh FIFA. Ia juga yang membawa kemenangan bagi tim nasional Perancis dalam World Cup tahun 1998 dan Euro tahun 2000.

Pemain sepakbola Muslim lainnya adalah Lilian Thuram asal Prancis, yang bergabung dengan tim Spanyol sejak 2006. Surat kabar Spanyol ABC menulis, ini adalah rekor jumlah pemain Muslim dalam tim Barcelona. Keberadaan mereka diharapkan bisa merebut hati para pecinta klub Barcelona di negara-negara Arab dan di dunia Muslim. Pesaing klub Barcelona, klub Real Madrid juga punya seorang pemain Muslim, yaitu Mammadou Diarra. Pemain-pemain sepakbola Muslim itu dianggap sebagai duta-duta Islam. ***

No comments: